oleh

Manfaat Lidah Buaya Obat Khusus pada Kulit

Lidah buaya sudah dikenal sejak lama sebagai obat untuk berbagai masalah kesehatan, khususnya pada kulit. Salah satu manfaat lidah buaya yang cukup populer adalah membantu meredakan eksim.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa lidah buaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, menyehatkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan mulut, dan melawan kanker.

Tidak hanya itu, tumbuhan sukulen ini juga dapat menghasilkan gel berwarna bening yang diketahui ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti luka lecet, psoriasis, luka bakar derajat ringan, jerawat, dermatitis seboroik, serta eksim.

Lidah Buaya untuk Meredakan Eksim

Eksim merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal, merah, tebal, pecah-pecah, dan bersisik. Kondisi ini umum dialami oleh anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada segala usia. Anak yang memiliki eksim juga biasanya akan membawa kondisi ini hingga dewasa.

Selain dapat mengganggu penampilanmu, eksim yang tidak diobati juga bisa menimbulkan masalah kesehatan lain, seperti infeksi kulit, kontak dermatitis, dan gatal kronis. Gatal yang disebabkan eksim juga bisa sangat mengganggu, bahkan sampai menyebabkan gangguan tidur.

Nah, salah satu pengobatan alami untuk meredakan gejala eksim adalah dengan mengoleskan lidah buaya.
Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang secara spesifik membahas manfaat lidah buaya untuk eksim.

Namun, lidah buaya diketahui mengandung berbagai zat yang dapat bertindak sebagai antiradang, antibakteri, dan antijamur.

Pada dasarnya, eksim adalah peradangan yang menyebabkan kulit menjadi rusak dan iritasi. Oleh karena itu, sifat antiradang dari lidah buaya dapat digunakan untuk menenangkan kulit penderita eksim yang sedang kambuh.

Selain itu, kulit eksim yang cenderung kering dan pecah-pecah juga akan lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Gel lidah buaya ini dapat mencegah infeksi tersebut dan dapat mempercepat kesembuhan kulit yang rusak.

Tips Mengaplikasikan Lidah Buaya untuk Meredakan Eksim

Cara menggunakan lidah buaya untuk eksim tidak sulit, kok. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu area kulit menggunakan air dan sabun khusus eksim. Setelah dikeringkan, oleskan lidah buaya pada kulit secara merata. Diamkan hingga lidah buaya meresap ke kulit sebelum kamu berpakaian.

Kamu bisa mengoleskan lidah buaya 2 kali sehari atau lebih, terutama jika eksim yang kamu alami terasa nyeri. Gel lidah buaya akan membantu meredakan gejala tersebut.

Untuk mendapatkan gel lidah buaya, kamu bisa membelah daun lidah buaya dan mengambil gelnya secara langsung. Agar lebih praktis, kamu juga bisa membeli produk gel lidah buaya yang dijual dipasaran. Pilihlah produk dengan konsentrasi gel lidah buaya yang tinggi, serta tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Pada sebagian orang, lidah buaya dapat menimbulkan rasa panas dan gatal yang ringan. Gel lidah buaya pun mungkin untuk memicu alergi. Jadi, sebelum memanfaatkannya, oleskan lidah buaya pada sebagian kecil permukaan kulitmu, lalu amati selama beberapa menit.

Jika muncul gejala alergi, seperti gatal atau merah-merah, sebaiknya jangan oleskan lidah buaya pada kulitmu. Namun, bila tidak muncul reaksi apa pun, kamu bisa langsung mengoleskannya pada kulit yang mengalami eksim.

Segera hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter jika lidah buaya menyebabkan reaksi infeksi, seperti kulit kemerahan, bernanah, nyeri, atau panas saat disentuh. Selain itu, konsultasikan juga sebelum memanfaatkan lidah buaya untuk eksim pada bayi dan anak-anak.

sumber : alodokter

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed